Tags

ngga pernah bisa bayangin kalo jadi anak yatim atau anak yatim piatu….

image

minggu kemaren, perpindahan siang ke sore… sebut saja “andi” pulang kerumah pamannya… sepertinya hampir 2 bulan belakangan ini ia tinggal dengan pamannya… anak kelas 4 sd ini yatim ditinggal bapaknya.

cuaca nampaknya akan hujan besar,  sedangkan pintu pagar terkunci dari luar…  sang paman dan istrinya masih berada diluar…

saya panggil masuk kerumah…

“mas, berteduh disini dulu… mau hujan gede tuh…”

dia pun menuruti.

masuk kerumah, saya tanya, ” udah makan belum ?”, dia pun menggelengkan kepala.

akhirnya dibuatlah mie instan + secangkir teh panas. “makan ya, biar ga laper terus minum tehnya biar ngga masuk angin. “om, maafin jadi ngerepotin ya”, katanya sambil memelas. “ngga, ga ngeropotin ko”, jawab gw.

“mas andi suka hotwheels nggak ?”, dia menjawab “mmhhh ngga suka seh, eh suka seh… tapi ngga boleh sama ibuk, soalnya harganya mahal”,

(gw ko jadi sedih ya, secara koleksi hotwheels gw nempel di tembok rumah)

” ini hotwheels buat mas andi, buat maen dirumah” kata gw sambil nyerahin hotwheelsnya…

“wah, om hotwhelsnya banyak juga ya, ada 56 biji”, tanyanya. “iya…”, jawab gw datar.

“om suka maen gitar ?” tanyanya. “iya, kadang-kadang, emang knp, mau maen gitar?” tanya gw balik. “iya om” jawabnya. “oh, suka lagu apa”, balas gw. “suka lagu ‘ya sudahlah'” balas dia.
dalam hati gw ko bawaannya jadi mellow ya?

ngga pernah bisa bayangin kalo jadi anak yatim atau anak yatim piatu….

minggu kemaren, perpindahan siang ke sore… sebut saja “andi” pulang kerumah pamannya… sepertinya hampir 2 bulan belakangan ini ia tinggal dengan pamannya… anak kelas 4 sd ini yatim ditinggal bapaknya.

cuaca nampaknya akan hujan besar,  sedangkan pintu pagar terkunci dari luar…  sang paman dan istrinya masih berada diluar…

saya panggil masuk kerumah…

“mas, berteduh disini dulu… mau hujan gede tuh…”

dia pun menuruti.

masuk kerumah, saya tanya, ” udah makan belum ?”, dia pun menggelengkan kepala.

akhirnya dibuatlah mie instan + secangkir teh panas. “makan ya, biar ga laper terus minum tehnya biar ngga masuk angin. “om, maafin jadi ngerepotin ya”, katanya sambil memelas. “ngga, ga ngeropotin ko”, jawab gw.

“mas andi suka hotwheels nggak ?”, dia menjawab “mmhhh ngga suka seh, eh suka seh… tapi ngga boleh sama ibuk, soalnya harganya mahal”,

(gw ko jadi sedih ya, secara koleksi hotwheels ge nempel di tembok rumah)

” ini hotwheels buat mas andi, buat maen dirumah” kata gw sambil nyerahin hotwheelsnya…

“wah, om hotwhelsnya banyak juga ya, ada 56 biji”, tanyanya. “iya…”, jawab gw datar.

“om suka maen gitar ?” tanyanya. “iya, kadang-kadang, emang knp, mau maen gitar?” tanya gw balik. “iya om” jawabnya. “oh, suka lagu apa”, balas gw. “suka lagu ‘ya sudahlah'” balas dia.
dalam hati gw ko bawaannya jadi mellow ya?

“Ketika mimpimu yang begitu indah
Tak pernah terwujud
Ya sudahlah
Saat kau berlari mengejar anganmu
Dan tak pernah sampai
Ya sudahlah

Sempat kau berharap keramahan cinta, 
Tak pernah kau dapat… ya sudahlah

Apapun yg terjadi, ku kan slalu ada untukmu
Janganlah kau bersedih… coz everything’s gonna be OKAY”

“dalam hati gw bertanya, kenapa mas andi ini pilih lagu ini ya, apa dia merasa sebatang kara atau gimana gitu ?”

melihat gerak gerik, tindak tanduk, perilakunya kayanya seh anak ini kaya yang menahan beban terua berusaha buat tegar… hampir tiap setengah jam sekali dia minta maaf karena dah ngerepotin. padahal gw ngga pernah merasa direpotin.

smoga jalan kedepanmu dimudahkan Allah SWT ya nak, diberi kecukupan atas semua kebutuhan hidupmu di dunia, diberikan kebahagiaan yang melingkupi hati dan orang orang terdekatmu, menggenapkan segala keinginanmu, Amien YRA

beberapa dari kita memang tidak seberuntung kita, bersyukur gw punya figur ayah, mencontohin gw mana baik mana tidak, mana benar mana salah. beruntung gw masih bisa ngerasaiin kasih sayang orang tua gw ampe umur segini gede.

kadang emang kita lupa nikmat dan lupa bersyukur. kadangkala yang ngga kelihatan di mata itu sangat berarti buat kita dan merasa benar benar kehilangan saat kita kehilangan orang kesayangan beserta moment momentnya…

bersyukurlah, bersyukurlah, bersyukurlah…

“usaplah kepala anak yatim dan berilah makan orang miskin” – HR. Ahmad”

*gambar diambil dr google, dr segala sumber.