Tags

,

MV5BMTc3MjI0MjM0NF5BMl5BanBnXkFtZTcwMTYxMTQ1OA@@._V1_SY317_CR0,0,214,317_

butuh pencerahan minggu ini, mungkin bisa coba bioskop terdekat. ada salah satu film yang menarik perhatian saya, judul film itu “ARGO”. kenapa menarik perhatian saya, karena film ini memenangkan 3 0scar untuk best film editing, best adapted screenplay dan best picture. disutradarai oleh ben affleck, aktor yang membintangi daredevil dan changing lanes malah bikin saya penasaran. masalahnya si ben afleck ini bukan aktor fave saya, bila ada film yang menawarkan ben affleck sama matt damon, saya pasti akan lebih menonton film yang diperankan matt damon.

tanpa membaca review tentang apakah film agro ini, dan hanya berbekal juara oscar saja, akhirnya saya menyaksikan film ini. di pembukaan film udah ditulis. based on truth stories. “ok, film ini harusnya bagus” dalem hati. ternyata film ini berdasarkan latar belakang negeri iran di teheran pada tahun 1980, pada saat kedutaan AS diserbu oleh para demonstran rakyat iran yang menginginkan ekstradisi oleh AS atas pemimpin iran sebelumnya shah pahlevi yang lalim. si pahlevi ini dapet suaka dari AS dan rakyat iran menginginkan agar dia diadili di iran atas kejahatannya. untuk mendapatkan keinginannya itu, para demonstran menyandera 50 staff kedutaan AS.

dari 50 staff kedutaan AS yang disandera ada 6 staff yang berhasil keluar dari kedutaan dan bersembunyi di kedutaan Kanada. nah tugas si ben affleck inilah untuk mengeluarkan 6 staff kedutaan ini dari iran.

untuk sebuah film serius, film ini cukup menghibur. memang pada bagian tengahnya agak membosankan. tapi pada bagian akhirnya cukup bikin deg-degan juga, terutama saat ben afleck beserta 6 staff kedutaan mencoba untuk melewati jejeran petugas garda revolusi yang mencari warga AS dibandara iran.

kabarnya pihak iran keberatan dengan film argo ini, dikarenakan tidak mencerminkan keadaan sesungguhnya pada saat itu.

total 3 star for Argo🙂