Just wondering, seberapa banyak bawahan yang  (cinta) atau benci dengan atasannya. Kalo dipersenkan, berapa persenkah yang benci dan yang cinta perbandingannya. Apa kamu termasuk sebagian yang suka atau termasuk yang benci dengan atasannya. Manusiawi kali yah kalo ngomongin suka ato ngga suka, dan subjektif juga penilaiannya tergantung dari orangnya masing-masing. Gw sendiri pernah dapet tipikal bos yang bermacam-macam. Mulai dari yang bossy banget, yang nunjukin gap gw atasan, lu bawahan, sampai atasan yang baek banget yang kerjaannya traktir makan siang gw terus hahaha :p.

Cuman berpaling dari enak atau tidak enaknya atasan kita, kerjaan kita tetep musti kelar dan beres, tetep profesional bro J. Yang paling menyebalkan adalah saat dapat tipe bos yang hypocrite, ngomongnya bagus bener, bak aliran angin surga, tapi pada kenyataannya yang diomongin jauh sama yang dipraktekin, mana mata duitan pula (*ngeri). Dan yang menyenangkan adalah saat dapat tipe boss yang ngemong, yang ngajarin, ngga sungkan untuk ngajak ngobrol ngalor ngidul dan tidak memposisikan dirinya sebagai bos, tapi sebagai rekan kerja. Gw kangen sama tipe boss kaya begini neh. Cuman  kayanya dah langka hahaha :p.

Bos gw terakhir di tempat gw bekerja baek bener. Beliau orang aceh. Jadi pastilah kuat agama islamnya. Tiap pagi sholat dhuha mulu + ngga lewat puasa senen kemisnya. Kerjaanya ya itu, traktir gw ma admin kredit gw makan siang tiap ada survei nasabah keluar. Dan yang paling menyenangkan adalah, beliau memberikan kewenangan 100% ke gw untuk menilai apakah satu usaha cocok untuk diberikan kredit atau tidak. No intervention at all J. Keren ngga tuh hahaha😀.  Dan kerennya beliau tuh, beliau ngga deket sama orang-orang dikantor aja, tapi di cabang lainnya pun deket, enak ngobrol baik sama sopir, teller, cs , spv, kaya ngobrol biasa aja ke temen. *ntar kalo dah jadi bos ane pengen kaya bgt ah hehehe ;p.

Pernah pada satu wawancara kerja, sang pewawancara nanya ke gw “Tipikal bos yang baik menurut anda itu seperti apa ?.” dan gw jawab “Atasan yang baik adalah atasan yang memiliki kesesuaian antara apa yang diucapkan dan apa yang dilakukan.” Yah mungkin itu kriteria atasan yang baik menurut gw, entah menurut yang lainnya. Salah satu hal yang baik dari berpindah-pindah kerja itu (bukan untuk ditiru) gw dapetin role model untuk contoh bos yang baik dan bos yang tidak baik. Seengganya masukan buat diri pribadi, walau pada hakekatnya tergantung dari kita sebagai bawahan merespons terhadap tipe bos kita seperti apa. Karena memang tiap orang berbeda punya karakter masing-masing. Yang penting tetap profesional, kerjaiin kerjaan kita dengan baik den benar sesuai SOP. Kalo ada yang ngeganjel dihati, cari jalan keluar, pikirin baik dan buruknya serta konsekuensinya. Hidup memang biasanya tentang pilihan kan J