Tags

, ,

life-of-pi

Life of pi

 

Ada yang sudah nonton film yang satu ini ?

Kalau belum, segeralah kunjungi bioskop terdekat di kota anda. Sepertinya film ini salah satu film yang wajib di tonton di tahun 2012 oleh pecinta film. Film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama oleh yann martell pada tahun 2001 dan kemudian dibawakan ke layar lebar oleh sutradara asal taiwan “ang lee”. (siap-siap hunting bukunya :p)

Di tahun 2012 ini sepertinya film-film lebih banyak bertemakan superhero cem the avenger, batman darknight dan sebagainya. Film life of pi akan memberikan kesan yang mendalam bagi penikmat film yang membuat penontonnya berpikir tentang hidup dan ke-eksistensi-an dari  tuhan.

Dengan latar belakang di negara india pada tahun 1997, film “life of pi” memiliki beberapa latar belakang cerita yang sama seperti pada film india “My Name is Khan”, bahwasanya semua agama itu mengajarkan kebaikan dan tidak ada yang mengajak pada keburukan. Namun  scene berikutnya dalam film ini yang membenturkan keyakinan dengan ke-eksitensi-an dari tuhan itu sendiri, saat tokoh dalam cerita ini “piscine” harus kehilangan seluruh anggota keluarganya karena kapal laut yang dinaikinya tenggelam dan terdampar di sekoci dengan 4 hewan didalamnya. Terombang-ambing di lautan lepas dengan badai dan kilat yang dasyat.

Hewan pertama adalah zebra yang terluka kakinya yang kemudian mati diterkam hyena, begitupun hewan kedua, orang utan yang mati diterkam hyena, dan hyna itu sendiri mati diterkam harimau bernama richard parker.  Hingga hanya tersisa piscine  dan richard parker dalam sekoci itu. Sampai di scene ini sudah diperlihatkan hierarki mahluk hidup, siapa predator siapa korban predator. Sampai tersisa 2 mahluk, manusia dan harimau, disanalah batas-batas kehidupan mulai dibenturkan. Manusia dengan akal dan pikirannya, serta harimau dengan keganasan dan insting pembunuhnya. Siapa yang bisa bertahan dengan himpitan untuk bertahan hidup di lautan lepas tanpa membunuh satu sama lainnya ?

Ternyata walaupun tidak bisa berkomunikasi layaknya manusia dengan manusia, akan tetapi yang namanya hewan tetap bisa berkomunikasi dengan manusia secara mendasar, saling menghormati dan menjaga daerah masing-masing. Bekerjasama, bahu-membahu untuk mencapai satu tujuan dan saling membutuhkan satu sama lainnya. Indah kali ya Kalo kita hidup secara sinergi dan bahu membahu seperti itu dengan alam, dengan mahluk hidup didalamnya, mungkin yang namanya sinkronisasi atau satu harmoni, serasi dan selaras  karena semuanya bersumber pada sang pencipta.

Dalam lautan lepas itu, piscine dan richardparker melihat beberapa keajaiban, entah nyata, entah tidak mulai dari ikan paus yang berwarna terang, sampai pulau karnivora yang berisi ratusan merkat dan membunuh penguninya pada saat malam. Disini toleransi antar piscine dan harimau tersebut mulai terbentuk. Piscine menunggu sang richard parker saat akan meninggalkan pulau karnivora tersebut dan membawakan beberapa bekal untuknya, (gw lebih suka menganalogikan pulau karnivora ini sebagai dunia tempat kita hidupi, banyak kebahagian, kesenangan, banyak bekal yang bisa kita ambil, disamping banyak menyimpan pula  kerugian dibaliknya bila kita tidak mawas diri, dan si pischine tidak boleh terjebak di dunia itu, dia harus terus berlayar ke tempat tujuannya, tempat akhir dimana dia berada seharusnya)  sampai akhirnya sekoci mereka berdua berlabuh di puau meksiko dan piscine harus merasakan patah hati saat richard parker  meninggalkannya begitu saja, tanpa berpamitan ataupun menoleh pada teman sekocinya, richard parker hanya masuk kehutan meningalkan piscine sendirian (disini kerasa banget patah hatinya, tapi yang dimaksud bapaknya si piscine juga bener sih, bahwasanya hewan liar tetaplah liar dan piscine sendiri berterimakasih atas ajaran dari bapaknya richard parker, harimau yang menemaninya dalam sekoci, berdua, saling bergantung ternyata meninggalkannya begitu saja- secara ngga langsung ngajarin, jangan bergantung pada siapapun-.)

Diakhir cerita, si piscine diinvestigasi sama pemilik kapal. Diceritkanlah apa yang menimpa dirinya, namun sang invetisator ngga percaya begitu saja, sehingga piscine harus mengarang cerita bahwa ada 4 orang yg ada disekoci tersebut dan mereka akhirnya saling bunuh membunuh. Ada dialog dimana si piscine yang sudah selamat berbicara dengan penulis ceritanya, dia menanyakan versi manakah yang penulis itu percayai, dan si penulis itu menjawab, versi yang pertama yang terdengar lebih baik dan mengagumkan atau versi kedua yang terasa getir dan menyedihkan. Kemudian si piscine bertanya, bagaimana dengan tuhan ??? ke penulis tadi.  Sang penulispun membuka laporan dari si investigator yang menyimpulkan bahwa piscine berakhir dengan harimau tersebut di sekoci.*1(kita dalam hidup boleh menyangkakan bahwa tuhan ngga adil dengan skenario yang diberkan ke hidup kita atas kemalangan, kesedihan, ketidakberuntungan dalam hidup yang terjadi kepada kita, atau kita bioleh mengangapnya sebagai  satu kelebihan yang diberikan tuhan untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih baik, semuanya tergantung pada sudut pandang kita baik atau buruknya, tinggal kita yang milih, mau cerita yang buruk atau mau cerita yang baik)*2 (kita boleh menanyakan, apakah tuhan benar-benar ada, apa yang terjadi kalo tuhan ngga ada ? namun apa ruginya kalo tuhan memeang benar2 ada, maka positive thingking’lah)

Yang jelas saya harus nonton lagi film ini, karena belum bisa menginterpretasikan dengan jelas apa makna dan maksud yang tersembunyi didalamnya. Mungkin interpretasi saya dan penikmat film lainnya berbeda, tapi itu sah2 aja, kan kita menikmati film dengan cara kita masing-masing. Film jenis kaya gini yang harus saya tonton ulang, sama seperti “the matrik (yang jujur saya ngga ngeh ama ceritanya, terutama pas masuk ke sekuel film yang ketiga).  Tell me ur opinion about this movie J

So far, good movie, i like it J untuk sinematografinya biasa aja seh, saya lebih suka sama konsep ceritanya. Kalo dibandingkan dengan avatar, life of pi masih ketinggalan jauh untuk visualisasinya, meskipun ada beberapa yang mirip. Last, 3,5 star from five. Untuk cerita yang mengugah saya samakan seperti cerita life is beautifull,  – positive thingking –

*GAMBAR DIAMBIL DARI GOOGLE