Tags

, ,

gym

Kembali ke gym

Akhirnya kembali lagi ke gym, rutinitas yang sempat saya jalani 5 sampai 3 tahun keblakang. Kenapa gym, ya mungkin karena ini cara yang paling cepat untuk membentuk tubuh dibandingkan jenis olahraga lain. Mau kurus, mau berat badan bertambah, ke gym inilah solusinya. Dengan metode latihan yang tepat, kita bisa dapetin bentuk tubuh yang kita inginkan, selain sehat tentunya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan memulia aktifitas ini :

  1. Kalo kita benar-benar seorang pemula, disarankan untuk berlatih bersama instruktur fitness. Karena untuk latihan fitness ini kita benar-benar harus mengetahui teknik gerakan yang benar dan tepat, yang pertama untuk meminimalisir resiko cedera dan yang kedua adalah untuk mengoptimalkan otot yang akan kita bentuk.
  2. Biasakanlah untuk melakukan pemanasan / strecthing sebelum berlatih, hal ini termasuk umum didalam melakukan aktivitas berolah raga, karena jangan samapai nanti anggota tubuh kita terkilir dan ujung-ujungnya cedera.
  3. Beli buku-buku panduan t5entang cara nge gym yang abik dan benar, buku itu nanti bisa dijadikan sebagai dasar didalam kita melakukan aktivitas olahraga yang satu ini.
  4. Perhatikan asupan makan, jenis kalori danya yang terkadndung diddalam makanan yang kita konsumsi. Biasanya dibanyakin di jumlah protein J cmiiw !!!
  5. Ajak teman untuk ikut berlatih gym, terutama pada latihan benchpress atau latihan dengan area otot dada, ngga lucu aja kalo ntar leher ketimpa beban yang ngga mampu kita angkat pada pengulangan terakhir, jadi si teman ini buat pengaman.
  6. Jangan forsir didalam berlatih beban, karena bukannya menumbuhkan otot, yang ada karena kita kecapean, massa otot semakin mengecil.
  7. Pakai alat-alat keselamatan seperti ikat pinggang khusus angkat beban (untuk melindungi tulang belakang kita) strap-sarung tangan(untuk daya cengkram tangan ke barbel)\
  8. Beban yang dipakai saat latihan barbel haruslah sesuai kemampuan kita yang kemudian berat bebannya semakin naik saat latihan berikutnya.  Biasakan latihan 3 set, 12 kali repetisi pada awal latihan dan pada latihan berikutnya 5 set dengan 15 kali repetisi)
  9. Setiap jeda antar latihan, jangan maksimum lebih dari 1,5 menit, karena otot sudah tak panas lagi, dan latihan kita tidak maksimal.
  10. Konsumsi suplemen yang aman untuk latihan cem asam amino atau creatine J

Hihihihi, ane ngga expert seh, cuman mau sharing aja, sapa tau berguna J met ngegym guys😀

*gambar diambil dari google🙂