Tags

, ,

 

Tergelitik sebuah tayangan dari televisi tentang binatang primata bernama Tarsius, binatang nocturnal yang hanya seukuran kepalan tangan dan berdomisili di pulau sulawesi. Salah satu sifat yang saya kagumi adalah sifat monogami tarsius, dimana dia adalah mahluk penganut paham satu pasangan dan tidak akan mencari pasangan lain saat pasangannya tersebut meninggal. Hebat bukan ???

 

 

Selain tarsius yang menganut paham monogami adalah Owa Jawa” saudara sesama primata dari tarsius yang berasal dari pulau jawa tentunya. Mahluk dengan tiinggi sekitar 80 cm ini lebih senang menghabisakan dari satu pohon ke pohon lainya. Suara teriakannya yang khas dengan sesama owa jawa lainnya membuat kita mudah mengidentifikasi dirinya. Serupa dengan saudara kecilnya tarsius, owa jawa ini pun memiliki paham monogami, hanya setia kepasangannya saja.

saya kagum pada ke”monogami”an tarsius dan owa jawa🙂 setidaknya itu yang bisa saya pelajari dari mereka berdua yang saat ini sedang terancam punah. apakah di golongan manusia ke”monogami”an terancam punah juga ??? hanya manusia yang bisa menjawabnya😉

*gambar diambil dari berbagai sumber.