Yah, negeri Beri-beri. Smartphone yang satu itu sudah pasti tidak asing lagi bagi orang-orang indonesia.,(………………………….) adalah perusahaan yang mengeluarkan handset Beri-beri ini, kemampuannya untuk mengirimkan data baik berupa gambar ataupun suara menjadi kelebihan dibandingkan handset lainnya pada saat rilisnya di tahun 1999. Pada juli 2012, beri-beri ini masih menguasai 53,6 % dari pasar hanset di indonesia (WOW).

Ada hari ini rabu 3 oktober 2012, disinyalir layanan Beri-beri  Messenger (BBM) mengalami gangguan di kawasan asia pasifik termasuk indonesia mulai pukul 10 pagi (gw seh ngga terlalu ngeh, orang jarang pula pake BBM, kecuali update status ma gonta ganti dp hahaha :p). Katanya seh ini yang ketiga kalinya di tahun 2012.

Dan akibatnya, saat layanan sudah mulai bisa digunakan, munculah Broadcat Message yang sebenarnya sudah sangat jadul sekali isinya (gw juga heran kenapa sampe ada orang yang percaya dan mem’broadcastkan kembali itu BM yang isinya tidak dapat dipertanggung jawabkan) Sebenernya seh gw rada-rada ngga suka kalo ama user BB yaang sering broadcast, karena biasanya isinya yang ngga ada hubungannya sama sekali ama kepententingan gw, apalagi kalo dah muncul BM SARA, dah pengen delete contact aja bawaannya hahahaha :p.

Ne contoh BM yang ngga penting :

PENGGUNA beri-beri :
Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan Beri-beri  Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak Beri-beri Messenger Anda maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol akan mengupdate otomatis dalam Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Beri-beri Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Beri-beri pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. Anda jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version.If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena ‘Beri-beri ‘adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak
Bukan broadcast sembarangan
Ini serius!! Bisa di cek
#mbc

 

* ini BM sejak dari kapan taun ga ilang2 di dunia beri-beri :p , dan herannya masih banyak juga orang yang membroadcastnya kembali.

Gw duga seh setelah adanya BM ini merebak, langsung dah display beri-beri gw diisi dengan berbagai status beri-beri yang sebenarnya menarik untuk diperhatikan, ada yang marah, ada yang pasrah nerima tumpukan BM, ada yang bijak, ada pula yang senang dan menawarkan untuk menerima BM lainnya, disertai ikon senyum dan lempar bunga segala.

Tapi dengan baca status-status tersebut, gw yang ada malah ketawa-ketawa sendiri, tengoklah status BB dari temen gw , “ yuuu… meser jamu, jamu tolak BM”. Trus ada pula “dr pd BC, mending ngaji, JUG !!!”  ada pula yang senang menerima BM dengan status “ ayo BM yang banyak, akan kuterima dengan senang hati *ikon senyum Pikon lempar bunga”. Dan banyak macam lainnya. Ternyata dengan beri-beri messenger error hari ini bikin gw ngakak2 sendiri. kreatif-kreatif temen-temen gw. Bangga sama mereka :p

Namun ngakak gw ngga cuman sampe disitu doang, ternyata selain BM yang diatas, muncul lagi BM selanjutnya yang mengklarifikasi BM yang pertama, tapi intinya sama-sama ngeselin karena nge BM juga (hahahahahahahaha, aduhhhh,,,,, klarifikasi dengan cara yang salah, kita benci BM nya, dan kebanyakan isinya ngga terlalu penting). Ne contoh BM nya :

Stop broadcast pesan yg mengatasnamakan beri-beri akan menutup jika tidak meneruskan pesan tersebut ..
Itu hanya tipuan, tolong pintarlah sedikit dalam menggunakan smartphone ;)(y)
No offense tq ..

* oh come on guys *garuk-garuk kepala

Otomatislah gw mikir neh traffic messenger pasti makin penuh dengan klarifikasi BM ke dua ini.

Ternyata ngga cuman sampe disitu aja, masih ada pula BM lainnya bertebaran (dengan legowo akhirnya buka BM versi lainnya :

PENGGUNA beri-beri :Tower beri-beri hancur diserang monster kepala naga, skrg Ultraman di bantu Power Rangger lg bertarung untuk melindunginya.. Please BM untuk ningkatin power Ultraman…jangan lupa kirim Tolong_Tolong kirim ke 021 biar Gatot Kaca ikut bantu..

*omg apa pulak ini,  geleng-geleng kepala :p

Dan muncul lagi berbagai versi BM meramaikan malam saya hari ini + ngakaknya saya tentunya.

Jadi mikir, apa kejadian kaya gini terjadi ngga ya di luar negeri, apa cuman di negara tercinta kita aja indonesia. Saking kreatif orang-orangnya sampai BM pun masih banyak berbagai versi, disertai dengan klarifikasi BM-BM berkutnya. Mungkin ini budaya yang ada di indonesia kali yang ngga akan muncul diluar negeri seperti budaya-budaya unik lainnya yang kita milikin kaya “ritual mudik” dll.

Atau mungkin kita masih belum jadi user yang cukup pintar, untuk menakar dan menyaring setiap informasi yang ada, agar tidak menyesatkan orang-orang.menjadi bagian dalam menyebarkan informasi. Buat gw seh guys, BM ngga penting, jangan samapi kita jadi bagian dari sesuatu yang ngga bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, apalagi menjadi bagian dalam menyebarkan informasi Yang penuh kebohongan atau SARA, ngga baek bangetlah pokoknya.

Tapi gw tetep bangga dengan adanya berbagai respon status beri-beri yang muncul di layar beri-beri gw, begitu kreatif dan mungkin cuman bisa ditemukan di Indonesia saja :p.

 

Kesimpulannya adalah :

  1. Apakah anda termasuk smart user atau not smart user, karena kalo anda-anda termasuk smart user saya kira, sudah ngga percaya sama BM-BM macem itu.
  2. Kalaupun harus ngeBM, mending dipilih-pilih deh, karena ngga semua contact di beri-beri kita suka untuk dikirimin BM.
  3. Jangan pernah ngirimin BM SARA, ngga baek bangetlah, pokoknya jelek buat persatuan dan kesatuan. Malulah ma Garuda dan tulisan dibawahnya “BHINEKA TUNGGAL IKA”.

Anyway thats all, another tulisan iseng lainnya, inget guys, Smartphone is for SMART user. Gunakan beri-beri kamu dengan elegan :p (atau setidaknya narsis juga gpp :p)

 

*dari berbagai sumber :p

Credit : acy, venny, mas adhit ;p