Tags

, , ,

setelah liat film “red tail” yang nyeritaiin tentang nasib pilot-pilot kulit hitam amerika yang masih memperjuangkan negaranya di perang dunia ke 2 lawan hitler dan masih juga kena diskriminasi SARA, ane jadi pengen nulis lima aktor kulit hitam yang punya akting jempolan, dan tanpa bermaksud sara atau apapun, berikut 5 aktor kulit hitam fave ane🙂 :

1. Morgan Freeman

Kenapa saya tempatkan morgan freeman di no satu, karena saya suka pembawaan aktor ini di film-filmnya selain faktor umur juga.  lahir di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, 1 Juni 1937 aktor gaek satu ini terlihat matang di umurnya.  Peran-peran yang penuh kebapakan biasanya jadi spesialis dari aktor yang satu ini. Tengok saja perannya di “Lean on me” saat beliau jadi kepsek yang menerapkan peraturan yang keras dan disiplin di Sekolah menengah atas (ini film doi pertama yang ane suka)  atau saat dia berperan jadi “tuhan” dengan lawan mainnya Jim Carrey di “bruce almighty”.  Terakhir saat dia jadi penasihat Bruce Wayne di “Batman Trilogy”. Aktor watak yang satu ini mungkin sudah bisa disetarakan dengan aktor segaek Anthony Hopkins, Ngga heran dia diganjar oscar saat jadi aktor pendukung terbaik di film “one million dollar baby”

2. Denzel  Washington

Salah satu artis favorite saya juga ne Denzel Washington, cakep (hahahahaha). (lahir di Mount Vernon, New York, Amerika Serikat, 28 Desember 1954 dapet dua oscar untuk aktor pendukung terbaik di tahun 1989 untuk film “glory” dan aktor terbaik di film “training days” beradu akting jadi good cop who turn into bad cup. Film training days ini sama bagus kualitasnya sama film adaptasi internal affair (dimainin andy lau and tony leung) atau di hollywood dikenal dengan film the departed (dimainin sama leonardo dicaprio, matt damon). Kebanyakan kalo peran si denzel ini jadi polisi yang jenius banget, tengok aja perannya di taking pelham 123 atau di the bone collector yang maen ma angelina jolie. Apa karena faktor muka doi mendukung yak hehehe :p. Beda sama rekan sesama artis  will smith , film fiksi yang doi mainin kayanya cuman the book of eli, kalo will smith rada-rada banyak, cem hancook atau i am legend (thanks cy :p ).

3. Will Smith

Berprofesi sebagai artis multi talenta, baik sebagai aktor maupun sebagai penyanyi membuat aktor yang satu ini sangat amat layak untuk digemari. Artis dengan nama lengkap Willard Christopher “WillSmith, Jr.  Lahir pada tanggal 25 September 1968. Banyak banget film laris yang doi peranin, sebut aja untuk film fiksi, Man in Black, Hancook, I am legend. Ngga hanya juara di film fiksi, Ybs juara juga di fim drama, ada Pursuit of Happyness atau 7 pound. Film fave saya, tentu saja the pursuit of happyness, Juara. Terakhir-terakhir liat di berita saking cakepnya si will smith ini sampe dicium ama reporter cowo  -__-  ampun dah.

4. Samuel L Jackson

Pertama kali liat akting si Samuel L Jacson ini saat main di film “changing Lanes” sama Ben Affleck. Aktingnya, Bagus… sangat bagus malah, selain skenario cerita yang dibangun di film tentunya. Kerasa banget gimana marahnya si samuel L Jackson ini di cerita di film itu. Film doi yang terkenal lainnya mungkin “Snake on a Plane”, tapi ge gak suka, karena ceritanya terlalu ngarang, garing dan mudah ditebak. Bintang film dengan muka sangar ini biasanya meranin jadi agen polisi seperti di SWAT,XXX, atau bisa diliat di “Jumper”. Terakhir Ybs main di film “The Avenger”. Aktor yang lahir ahir 21 desember 1948 ini emang belum pernah menangin oscar tapi dari akting dan raut mukanya yang sangar sangat mendukung untuk peran-peran yang dimainkan doi. (muka sangar hanya berlaku kalo ybs menumbuhkan kumis dan jambangnya)

5. Cuba Gooding Jr VS Chris Rock

Terakhir bingung antara milih Cuba Gooding Jr atau Chris Rock karena dua-duanya fave ane. Cuba gooding Jr lahir tanggal 2 januari 1968 di New York. Dulunya doi Pernah jadi breakdancer nya lionel richie, diganjar oscar sebagai aktor pendukung terbaik, mendukung si tom cruise di jerry mcguire sebagai atlet yang terkena cedera. Film lainnya yang layak ditonton adalah as good it gets tapi film yang wajib ditontonnya adalah “Men of Honor” diadu aktingnya sama robert de niro.  Akhir-akhir ini jarang film doi yang meledak sukses di pasaran, terakhir ane liat doi di film “Red Tail”.Sedangkan chris rock lahir pada tanggal 7 februari 1965, punya profesi yan g ngga jauh-jauh dari dunia hiburan jadi sutradara, aktor, penulis skrip sampe jadi rapper segala. Satu hal yang khas dari aktor komedi fave gw ini adalah suaranya yang khas dan melengking-lengking, apalagi kalo ditambah bahasa slank nya dia yang suka tersinggung dengan isu SARA di scene filmnya, makin kocak liatnya, selain fakta waktu kecil dia dapet bullying dari teman sekolahnya. Dengan suara khasnya itu doi dapet peran di film kartun “Madagaskar”. Memulai karir aktornya sebagai stand up comedy membuat aktor yang satu ini berhasil merambah ke dunia film, salah satu film fave ane adalah Bad Company dengan lawan perannya AnthonyHopkins.

sebenernya ada satu artis lagi yang harusnya gw masukin di urutan ke empat sebelum samuel l jackson. artis itu tak lain dan tak bukan adalah Eddie Murphy, tapi ane kelewat nulisnya, ntar lagi deh dibikin di tulisan yang lain hahaha ;p

jadi sebenernya bukan 5, tapi 7 artis kulit hitam berbakat🙂

*foto diambil dari berbagai sumber