Tags

*menurut saya untuk menjadi seorang wirausahawan membutuhkan nyali yang double😀

abis makan malem,,, hendak pulang ke paviliun. tergelitik masih ada ruang yang kosong di perut sebelah k dan dibalas gayung bersambut dari teriakan tukang donat, jadilah saya mendekati tukan donat tersebut.

sebenernya tukang donat ini tiap malam memang menjajakan dagangannya didepan paviliun. “donaattt,,,, donatttt,,,” ujar dia, tidak dengan suara berteriak, tapi cukup keras untuk didengar calon pembelinya.

saya ga aka menceritakan gimana kerasnya hidup si bapak tukang donat, karena saya percaya tiap orang sudah punya rezekinya masing-masing *kedengeran kolot ya :p. saya hanya tertarik, ketika hendak membeli donat dengan taburan kacang diatasnya, ternyata hanya tinggal tersisa satu dari 6 buah donat di box plastik putihnya. padahal dia membawa 5 box plastik putih. dan tinggal tersisa 6 buah donatnya saja di tumpukan box plastik putih paling atas.

artinya :

artinya si bapak penjaja donat ini sudah menjajakan donatnya sampai laris manis tanjung kimpul. mantap yaa….

coba deh hitung, menurut si bapak dia menjajakan donatnya pagi dan sore. taro lah dia sekali bawa 5 box putih, satu boxnya isinya 12 biji donat. berarti dia bawa 60 biji donat di sepedanya satu kali pergi . kalikan 2, berarti dalam sehari dia bawa 120 biji donat.

harga per satuannya adalah Rp. 1.500,-. sehingga kalo laku semua si bapak dapet duit dalam sehari Rp.180.000,-. tarolah dalam sebulan dia berjualan selama 26 hari. berarti dalam sebulan dia dapet omset sejumlah Rp. 4.680.000,-. tarolah dia ambil untung 50% (margin untung diusaha makanan bisa sampai 50-70%). berarti dalam sebulan dia dapet untung bersih sebesar Rp. 2.340.000,-

mantap ya,,, coba bandingkan upah UMR bandung tahun 2012 sebesar Rp. 1.271.625,- hampir dua kali lipatnya kan.

itulah kenapa kalo usaha bisa dikatakan dengan penghasilan tak terbatas. artinya, selama sibapak masih mau mengembangkan usahanya, omsetnya pasti akan terus berkembang yang artinya keuntungannya masih bisa bertambah lagi.

*saya sendiri tertarik untuk berwirausaha, saat ini masih mengumpulkan keberanian untuk menumbuhkan mental dan nyali wirausahawan, mudah-mudahan suatu hari nanti😀 amien.