Tags

sebenernya sih ga terlalu tertarik juga dengan pewayangan… apalagi dulu, boro-boro ngerti wayang tu apa….

kemaren iseng gi browsing di gogle, liat satu pic wayang, entah siapa tokohnya, tapi terlintas ide, kayanya keren ne taro jadi PP di BB ( mulai deh narsisnya kambuh hahahaha :p ) akhirnya gw save di bb, di Profile Picturenya.

lama kelamaan, aneh juga kalo gw pasang PP di bb tanpa tau apa arti dan maknanya… akhirnya gw penasaran search di om gugle – lagian juga kaga ada gawe dikantor alias bingung mau ngapaiin, (biasa : marketing galau wkwkwkw)

neh ada beberapa (ga semuanya loh ya) yang bisa gw tangkep… pertama Pandawa 5 dulu aja deh,,,

Pandawa V

Pandawa (Panca Pandawa) merupakan sebutan bagi kelima putra Prabu Pandu Dewanata, raja Kerajaan Astina Pura. Dia memiliki dua orang istri, yaitu: Dewi Kuntitalibrata dan Dewi Madrim. Dari pernikahannya dengan Dewi Kunti, ia memiliki 3 orang putra, yaitu: Yudhistira, Bima, dan Arjuna. Sedangkan dengan Dewi Madrim memiliki putra kembar bernama Nakula dan Sadewa.
Kelima putra ini dibesarkan oleh Dewi Kunti, karena Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Madrim telah wafat sewaktu mereka semua masih kecil.

Puntadewa aka yudhistira itu adalah pimpinan di Pandawa. Dijadikan pimpinan karena Puntadewa itu manusia lurus, yang mampu meredam emosi, jujur, bahkan disebut Puntadewa karena jujurnya melebihi dewa-dewa. Dan yang paling utama, Puntadewa itu jago berstrategi, dialog, komunikasi dengan baik dan santun. Dialah politikus yang cakap, diplomatis, dan menyenangkan baik saat bertemu kawan dan lawan. Bahkan Duryodhana sekalipun, yang demikian brangasan, habis kata, malu hati, jika bercakap langsung dengan Puntadewa, makanya sering memakai jasa Sangkuni yang licik. Yudistira dianugrahi senjata pusaka Jamus Kalimasada yang memiliki kekuatan untuk memberikan perlindungan dan petunjuk pada kebenaran dan kesejahteraan.

Nakula adalah saudara tua dari pasangan putra kembar Nakula dan Sadewa. Meskipun berbeda ibu dengan saudara yang lain, persaudaran mereka tetap erat. Nakula dikenal juga dengan nama Raden Pinten. Selain sakti, berbudi pekerti luhur, ia juga ahli dalam bidang pertanian. Walaupun merupakan ksatria termuda dari Panca Pandawa, Sadewa tidak kalah dengan kakak-kakaknya. Ia juga sangat sakti, berbudi pekerti luhur, mencintai orang tua dan sesama, berbeda dengan Nakula yang ahli dalam pertanian maka Sadewa ahli dalam peternakan. Sadewa dikenal juga dengan nama Raden Tangsen. Nakula dan Sadewa mencerminkan tingkah laku untuk mencapai kesejahteraan hidup atau kemakmuran hidup.

Arjuna, sang ksatria utama Pandawa. Walau kecil dan terkadang yang dilihat sisi gantengnya belaka, tapi sesungguhnya dialah yang bisa mengguncang langit, dengan kesungguhannya menuntut ilmu, dan tekad tempurnya yang pantang menyerah. Dialah kesayangan Khrisna, karena kecakapannya di medan tempur, kesederhanaannya dalam berperang. Dialah wujud kekuatan negara yang loyal dan mumpuni untuk membela tanah tumpah darahnya. Sebaris dengannya ada Bhima, sang raksasa pemegang gada, eksekutor dari semua kebuntuan diplomasi, keras dan tegas dalam bertindak. Lihatlah betapa beringasnya Bhima tatkala keadilan diinjak-injak, penipuan di Amarta merajalela, dia yang bersumpah akan menghapuskan sekecil-kecilnya ketidakadilan itu.”

Bima atau Werkodara atau Bratasena. Arti nama Bima adalah setia pada satu sikap. Ia tidak suka berbasa-basi, dan tidak pernah menjilat ludahnya sendiri. Sifatnya jujur, tidak sombong, patuh pada para gurunya, dan juga sangat mencintai ibu dan saudara-saudaranya. Selain memiliki kekuatan yang luarbiasa yaitu mampu membongkar gunung dan menguasai kekuatan angin, kesaktiannya terletak pada Kuku Pancanaka di tangan kanan dan kirinya. Bima adalah perlambang kekuatan dari Panca Pandawa.

nah selese sudah copas dari page2 sebelah, jadi makin penasaran ma ceritanya.  salah satu obsesi ane punya satu pasang set wayang kulit buat dipasang di rumah “masa depan” ane, hehehehe (amien), selain salah satunya punya obsesi rumah berbentuk joglo hehehe😀. sekarang tinggal cari cerita-cerita pewayangannya aja seh. so far, secara ga langsung ne cerita wayang ngegambarin tingkah laku manusia didunia. cuma sebagai cerminan aja, nah kalo kita tau ceritanya masing masing, pasti gak kan kalah dibandingin lord of the ring, apalagi bung heri potter ;p. yah buat memperluas pengetahuan juga seh, gak ada ruginya :p

*diambil dan disunting dari berbagai sumber.